Jumat, 29 Juni 2012

Konsep Dasar Bisnis Online


          Bisnis di Internet pada dasarnya dimulai dengan bisnis dunia nyata. Mereka membawa barang-barang dan jasa yang biasa di perdagangkan di dunia nyata ke dalam internet dengan harapan cakupan pasar akan semakin luas.
          Di internet, semua orang berbisnis menggunakan website, apapun produknya. Entah itu bisnis perorangan atau kelompok, pasti menggunakan website sebagai media interaksinya.
          Website-website ini saling bersaing antara satu dengan yang lain untuk mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya dengan harapan pengunjung dapat menjadi customer untuk produk yang mereka pasarkan.
          Dikarenakan sebagian besar pengguna internet di dunia ini menggunakan Mesin Pencari (Search Engine) terutama Google untuk mencari sesuatu yang mereka inginkan, maka para pemilik website tadi berusaha untuk bersaing mendapat untuk peringkat tertinggi apabila ada orang yang mencari menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan produk dalam website mereka.
          Persaingan ini website menimbulkan berbagai penelitian. Karena google begitu ketat menjaga rahasia sistem nya, maka orang-orang mulai melakukan riset untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam mesin pencari terpopuler ini.
          Akhirnya muncullah suatu ilmu yang disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Yaitu ilmu untuk mengoptimasi website-website agar dapat menduduki peringkat tinggi dalam mesin pencari, terutama google.
          Dalam SEO ini terdapat berbagai metode yang sebagian besarnya bersifat eksternal. Artinya, sebagian besar teknik SEO menggunakan website lain sebagai alat untuk mendongkrak popularitas website kita.
          Seperti layaknya di dunia nyata, apabila nama perusahaan kita atau nama produk kita di iklankan atau dipromosikan ke luar wilayah kita maka akan semakin terkenal.
          Di dunia nyata, banyak perusahaan bersedia membayar hingga puluhan juta rupiah agar iklan produknya tampil di TV. Banyak yang memasang baliho di jalan raya atau ditempat keramaian. Bagi yang bermodal kecil, ada juga yang hanya memasang plakat nama dan alamat di pinggir jalan. Demikian pula yang terjadi dalam ilmu SEO. Popularitas dan kelas sebuah website juga sangat ditentukan oleh promosi yang dilakukan oleh website tersebut.
          Baliho-baliho yang di pasang di pinggir jalan raya atau di keramaian itu di ibaratkan sebuah banner dalam dunia maya. Plat nama dan alamat atau papan penunjuk di pinggir jalan ibarat link yang mengarah ke website kita.
          Metode-metode seperti inilah yang melahirkan ribuan bisnis online di seluruh dunia. Akhirnya banyak bermunculan bisnis Pay Per Click, Jualan Link, Paid Review, Adsense, Adword, dll. Apalagi tujuan mereka kalau bukan mendapat pengunjung banyak dan peringkat tinggi dalam mesin pencari.
          Para pemilik website bersedia membayar hanya untuk link yang ditampilkan di blog kita dengan harapan, blog mereka mendapat peringkat tinggi dan pengunjung lebih banyak. Sebaliknya, kita juga memerlukan SEO agar peringkat kita juga tinggi sehingga menarik minat para pemilik website (advertiser) tadi untuk menaruh link di blog kita.
          Blog dengan peringkat tinggi akan mendongkrak sebuah website untuk memiliki peringkat tinggi pula. Dengan logika dan pemahaman konsep yang benar, maka dapat menentukan arah bisnis yang akan  ditekuni.
          Kelebihan-kelebihan wirausaha online atau wirausaha di internet ini adalah daerah pasarnya bisa menjangkau tanpa batas, baik itu dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri. Jadi potensi pasarnya besar sekali, untuk pasar dalam luar negeri, bisa dengan orang Indo yang di luar negeri atau benar-benar orang luar sana.
          Selain potensi pasar yang besar, alat-alat riset kebutuhan pasar pun tersedia di internet ini, dan bisa dipakai dengan gratis. Jadi bisa mengetahui peluang apa yang sedang dan lagi berkembang, berapa besar kebutuhan pasar usaha, dan berapa tinggi tingkat saingan, sehingga bisa memilih mau bermain di bidang usaha yang diminati.
          Selain itu modalnya tentu tidaklah begitu besar dibandingkan wirausaha konvensional. Wirausaha online termasuk peluang usaha modal kecil. Bisa dijalankan oleh siapa saja, latar belakang apa saja, baik itu karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa, anak sekolah bahkan sampai kakek nenek.

Sumber: http://universitasbisnis.com/lanjutan-sekilas-pengertian-tentang-wirausaha-online-atau-bisnis-online-2/






Rencana Bisnis Online

4 February 2010 One Comment
Rencana Bisnis Online
Kali ini saya ingin membahas beberapa hal yang berkaitan dengan rencana bisnis online. Dalam hal ini hal yang harus diperhatikan, adalah memilih bisnis online yang tepat.
Dalam hal ini mungkin anda bisa merujuk ke artikel saya yang berjudul contoh bisnis online. Yang saya beberkan disana tentu saja hanya sebagian kecil saja. Setiap orang punya bagian yang paling disenangi atau paling dirasa cocok untuk diri mereka. Saya akan menambahkan beberapa contoh bisnis online yang lainnya.
  • Iklan kontextual seperti google adsense, chitika, adbrite dll. Pada tipe bisnis ini kita akan mendapatkan uang jika ada pengunjung web kita yang mengklik iklan dari perusahaan yang kita ajak kerjasama. Biasanya hanya beberapa sen saja per klik jadi orang sering tergoda untuk melakukan klik fraud. Mereka menyuruh teman mereka unuk mengklik iklan mereka. Hal ini tidak hanya tidak efektif tapi juga beresiko di banned akun anda dari perusahaan yang bersangkutan. Kunci dari tipe bisnis ini adalah TRAFFIC. Apabila pengunjung situs anda banyak maka anda bisa berharap banyak untuk mendapatkan uang yang cukup lumayan dari adsense atau chitika.
  • PPS atau pay per sale seperti menjual produk afiliasi dari clickbank,paydotcom,commission junction, amazon, ebay dan lain lain. Dalam hal ini skill yang diperlukan harus lebih advanced, karena tidak ada cara mudah untuk dapat duit dari dunia affiliate marketing. Apabila anda telah berhasil dalam bidang ini maka bidang-bidang yang lain akan dengan mudah dilahap
  • PPL atau pay per lead, terkadang disebut CPA atau cost per action, di satu sisi lebih mudah tapi di sisi lainnya akan jauh lebih susah dari PPS. Kenapa lebih mudah, karena untuk mendapatkan lead, dan uang di bidang ini, hanya memberikan syarat pada pengunjung untuk mengisi form tertentu, seperti email atau yang lebih panjang data diri lengkap tapi tanpa membeli apapun lalu kita bisa mendapatkan komisi dari perusahaan yang punya kontrak dengan kita. Akan tetapi untuk diterima di CPA network seperti maxbounty,azoogle,hydra dll itu membutuhkan situs yang solid. Syaratnya antar lain sudah mempunyai rata-rata 3000 pengunjung tiap bulannya
Dalam rencana bisnis online anda, anda harus memilih tipe kesukaan anda, mana yang menurut anda rencana tersebut bisa dicapai dalam waktu yang relative singkat. Jangan memilih rencana bisnis yang terlalu kompleks kecuali anda telah berpengalaman sebelumnya di bidang bisnis online atau internet marketing. Penuhi diri anda dengan pengetahuan tentang bisnis online dan tetapkan rencana bisnis online anda setelahnya. Belajar internet marketing adalah dasar dari semua bisnis online jadi anda harus memulai dari sana.
VN:F [1.8.2_1042]
please wait...

1 komentar:

  1. Apakah SEO sendiri adalah ilmu pasti ? dan teknik yang paling penting dalam meningkatkan penayangan blog di google penelusura intu apa ? mohon penjelasannya untuk SEO blog

    BalasHapus