Jumat, 29 Juni 2012

LATIHAN PENGANTAR KOMPUTER DAN TI IC



1.     Kualitas Software dapat di nilai dari 4 aspek,sebutkan dan jelaskan keempat aspek tersebut!
Jawab:
1)      Kegunaan ,merupakan salah satu aspek penilaian sebagai pertimbangan untuk memilih suatu software yang di butuhkan,dengan memiliki daya guna atau fungsi sesuai kebutuhan pengguna itu sendiri yang memberikan beberapa fasilitas didalamnya (sesuai dengan program/aplikasi yang tersedia dalam software tersebut)
2)      Keandalan ,merupakan salah satu aspek penilaian kualitas software dari kemampuan kerja/proses suatu software yang dapat diandalkan  dengan besarnya program yang dapat memuaskan spesifikasi dan objektivitas dari misi pengguna, dan memberikan hasil terbaik dengan fasilitas program/aplikasi yang tersedia dalam software tersebut.
3)      Kejelasan ,merupakan salah satu aspek penilaian terhadap suatu software yang memberikan keterangan-keterangan /penjelasan dari sebuah program/aplikasi software tersebut.
4)      Efisiensi ,merupakan salah satu aspek penilaian yang dipertimbangkan pengguna mengenai jumlah sumber-sumber dan kode yang dibutuhkan program untuk menjalankan fungsi-fungsi yang tersedia di dalam suatu program/aplikasi software.

2.     Ada 4 era evolusi perangkat lunak ,sebutkan dan jelaskan ciri masing-masing tersebut!
Jawab:
1)      Era Pioner (Tahun 1950-1960)
Pada era ini perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan didalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
Ciri-cirinya adalah Proses Batch, Distribusi Terbatas,dan Pembuatan Khusus.
2)      Era Stabil (Tahun 1970-1980)
Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses). Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking),selain itu perangkat lunak juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time).
Ciri-cirinya adalah Multi User, Real Time, Database, dan Produk Perangkat Lunak.
3)      Era Mikro (Tahun 1980-1990)
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak berkembang untuk memenuhi kebutuhan perseorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
Ciri-cirinya adalah Sistem Tersebar, Penanaman Kecerdasan, dan Perangkat Lunak murah
4)      Era Modern (Tahun 1990-2000an)
Pada era ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Ciri-cirinya adalah Sistem Desktop, Teknologi objek, Sistem Pakar, Pemrosesan Paralel, dan Jaringan Komputer

3.     Mengapa etika profesi itu penting?
Jawab:
Etika Profesi merupakan penggunaan bakuan dari evaluasi moral tehadap masalah penting dalam kehidupan pofesional,maka dikatakan penting dengan alasan masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang ditimbulkan karena ketidakmampuan teknis dan perilaku yang tidak etis,dari mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga profesional dalam bidang tersebut.

4.     Berikan 3 contoh penerapan komputer di bidang perbankan!
Jawab :
1)      Kegunaan komputer yang berfungsi untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan/service kepada pihak nasabah bank.
2)      Dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM.
3)      Penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING

5.     Pada bidang pendidikan ,kita mengenal CAI,CMI,CAT berikan kepanjangan,pengertian  dan contohnya!
Jawab :
1.      CAI (Computer Assisted Instruction )
Merupakan aplikasi pendidikan dengan metode komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku.
Beberapa aplikasinya adalah  aplikasi Drill and Practice, Tutorial, dan Simulasi.
Contohnya : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong siswa belajar lebih cepat

2.      CMI (Computer Managed Instruction )
Merupakan aplikasi pendidikan dengan metode Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.
Contohnya : dapat membuat perencanaan kuliah, belajar, ujian.

3.      CAT (Computer Assisted Testing )
Merupakan aplikasi pendidikan dengan metode komputer digunakan sebagai media ujian. Bentuknya ,mulai dari yang sederhana dimana komputer (biasanya melalui layar peraga) digunakan sebagai pengganti soal ujian dalam bentuk kertas, sampai kepada bentuk yang lebih maju, dimana kemampuan komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan siswa dengan cara-cara tanya jawab secara aktif.
Contohnya : dapat digunakan dalam rekrutmen dan seleksi CPNS ataupun untuk kepentingan rekrutmen dan seleksi di bidang kepegawaian lainnya.


6.     Berikan 2 contoh aplikasi pada bidang dibawah ini:
- Aplikasi Jaringan
- Aplikasi Pendidikan
- Aplikasi Grafis
Jawab :
-          Contoh Aplikasi Jaringan adalah Web (memungkinkan pengambilan informasi yang kita perlukan yang disharing oleh orang – orang yang ada di dunia) ,dan Electronic Mail (memungkinkan kita saling berkirim surat dengan teman di suluruh dunia)
-          Contoh Aplikasi Pendidikan adalah gcompris dan tutor mengetik
-          Contoh Aplikasi Grafis adalah Adobe Photoshop ready(aplikasi untuk meng edit photo dan settingnya) ,dan Corel Draw (aplikasi untuk mendesain logo,dll)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar