Minggu, 04 November 2012

WARISAN NENEK MOYANG TANAH AIR

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku ,budaya, bahasa, agama dan adat istiadat. Dalam sejarahnya semua itu terbentuk dari kesatuan masyarakat yang tinggal di berbagai daerah terpisah dan menaati atau mempertahankan ajaran dari nenek moyang terdahulu sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak sekali bukti-bukti sejarah dan peninggalan manusia pada zaman dahulu. Mulai dari peralatan, bangunan, ukiran dan lukisan, benda pusaka, perabotan, kebudayaan atau tradisi,penggunaan teknologi tradisional,dan sebagainya.
Pada zaman sekarang tidak banyak masyarakat yang masih melestarikan itu semua,karena pengaruh yang besar dari barat yang semakin maju dari gaya hidup, pergaulan, teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan.
Tidak dapat dipungkiri pengaruh seperti ini memberikan dampak yang negatif maupun positif kedepannya tergantung pandangan kita sebagai masyarakat yang memberikan nilai antara kesesuaian dengan berbagai situasi kondisi yang memungkinkan akan mmberikan kontribusi terbaik untuk selanjutnya terutama pada kalangan muda sebagai generasi penerus bangsa.
Adapun sebagian kecil yang masih sangat erat dalam kehidupan memegang teguh kepercayaan dari nenek moyangnya termasuk mempercayai berbagai pantangan dan mitos serta cara hidup yang masih sangat tradisionil atau primitif akan sangat sulit menerima berbagai argumen kemajuan zaman sampai saat ini karena mereka tinggal di daerah terpencil dan masih sangat menyatu dengan alam.
Pada dasarnya keduanya tidak terlalu baik dan tidak terlalu buruk berdasarkan layaknya suatu kehidupan dari peninggalan nenek moyang zaman dulu dan berbagai pengaruh kebudayaan barat. Semuanya kembali pada argumen masyarakat itu sendiri yang bisa menyeimbangkan antara keduanya dengan prinsip mengambil jalan tengah berada pada posisi keduanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar