Minggu, 18 November 2012

PENGENALAN MYOB ACCOUNTING



MYOB (Mine Your Own Businesses) Accounting adalah software olah data akuntansi secara terpadu/integrated software yaitu proses pencataan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara meng entry data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre kemudian program myob akan memproses secara otomatis.
Berikut adalah perkembangan tentang Versi MYOB :
1.    MYOB Accounting ; Dapat digunakan oleh perusahaan yang administrasi pembukuannya hanya dilakukan oleh satu orang dan transaksi keuangan perusahaan hanya menggunakan satu jenis mata uang.
2.    MYOB Accounting Plus ; Pada dasarnya sama dengan MYOB Accounting,hanya terdapat penambahan modul Peyroll dan Time Billing.
3.    MYOB Premiere Accounting ; Dapat digunakan oleh perusahaan yang menggunakan lebih dari satu mata uang (Multy Currency) untuk transaksinya,dapat juga digunakan secara Multy User.
4.    MYOB Premiere Accounting Enterprise ; Pada prinsipnya sama dengan MYOB Premiere. Pada Versi ini menggunakan terminal service,sehingga sangat mendukung kecepatan proses jaringan. Dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan Workstation cukup banyak.

Langkah-langkah penggunaan transaksi myob :
a.    Membuat Data Perusahan
·         Klik tombol Start pada Taskbard
·         Klik All Program,pilih MYOB Accounting
·         Klik create a new company file
·         Klik next,untuk lanjut ke tahap pengisian data perusahaan
·         Setelah selesai diklik next,anda akan mengisi periode akuntansi yang akan digunakan oleh perusahaan.
·         Klik next,untuk menampilkan informasi periode akuntansi sesuai dengan peraturan yang telah dilakukan
·         MYOB akan memproses data perusahaan yang telah anda masukkan
·         Setelah proses selesai akan tampil informasi “Congratulation !” artinya bahwa pembuatan file perusahaan sukses
·         Untuk masuk ke menu utama MYOB,Klik Command Center


b.    Linked Account ; Berfungsi untuk mengotomatisasi system kerja MYOB.
·         Accounts dan banking linked accounts.
1)   Klik menu setup > linked account > accounts and banking accounts
Keterangan:
• Equity account for current earnings = perkiraan modal untuk periode berjalan
• Equity account for retained earnings = perkiraan modal untuk laba ditahan
• Equity account for historical balancing = perkiraan modal untuk selisih pembukuan
• Bank account for electronic payment = akun bank untuk pembayaran elektronik
• Bank account for undeposite funds = akun untuk enampung penerimaan sementara
2)   Ganti nama akun historical balancing menjadi selisih pembukuan. Klik tanda panah :kotak equity account for historical balancing

3)   Pada kotak dialog edit account pilih tab profile. Ketik : selisih pembukuan didalam kolom account nama, lalu klik OK
4)   Berikutnya klik tombol panah kotak electronic clearing account
5)   Tampil kotak dialog select from list, pilih akun bank delta. Lalu use account
6)   Ketik myob menampilkan informasi yang menanyakan apakah anda akan mengubah akun untuk pembayaran elektronik, klik yes
7)   Ulangi langkah no. 5 s/d 7 untuk menggantikan akun underposited funds menjadi kas

8)   Setelah selesai hasil akan tampil, klik OK. Untuk menutup kotak dialog account dan banking linked accounts.
·         Linked sales accounts

1)   Klik menu setup > linked accounts > sales accounts.
a. Asset account for tracking receivables = perkiraan aktiva untuk menampung piutang
b. Bank account for costumer receipts = perkiraan bank untuk perkiraan piutang
c. I charge freigt on sales = perkiraan untuk menampung biaya penjualan
d.I track deposits collected from customers = perkiraan penerimaan uang muka pelanggan
e. I give discounts for late payment = perkiraan untuk menampung potongan penjualan
f. I access charges for late payment = perkiraan untuk denda keterlambatan pembayaran
2)   Klik tombol drop down pada kotak asset account for tracking receivables
3)   Pilih akun piutang usaha lalu klik use account
4)   Setelah itu klik kotak pilihan I track deposits collected from customers
5)   Klik tombol drop down pada kotak liability for customer deposits
6)   Kotak pilihan select from list ditampilkan. Pilih akun pendapatan diterima dimuka, lalu klik tombol use account
7)   Setelah selesai hasilnya akan tampil, lalu kilk OK. Untuk menutup dialog sales linked account.
·         Purchases linked account

1)   Klik setup > link accounts > purchase accounts
2)   Kotak dialog purchase linked accounts ditampilkan
3)   Klik tombol drop down liability account for tracking payables, pilh akun hutang usaha lalu klik tombol use account for tracking payables,,pilih akun hutang usaha lalu klik tombol use account
a. Liability account for tracking payables = perkiraankewajiban untuk hutang
b. Bank account for paying bills = perkiraan untuk pembayaran hutang
c. I can receive atems without a supplier bill = perkiraan untuk pembayaran tanpa tagihan
d.  I pay freight on purchases = perkiraan untuk biaya angkut pembelian
e.  I track deficits paid to suppliers = perkiraan untuk uang muka pembelian
f.  I take discount for early payment = perkiraan untuk potongan pembelian
g.  I pay chargers for late payment = perkiran untuk denda keterlambatan pembayaran
4)   Ulangi langkah no.3 untuk mengubah link akun bank account for paying bills menjadi akun bank sejati
5)   Setelah selesai hasilnya akan tampil,lalu klik Ok. Untuk menutup kotak dialog purchase linked account.
·         Payrooll Linked Account

1)   Klik setup > payroll accounting
2)   Kotak dialog payroll linked account ditampilkan
a. bank account for cash payments = perkiraan bank untuk pembayaran secara tunai
b. Bank account for cheque payments = perkiraan bank untuk pembayaran menggunakan cek.
c. Bank account for electronic payment = perkiraan untuk pembayaran elektronik.
d. Default employes expense account = perkiraan untuk beban gaji lainnya.
e. Default wages expense account = perkiraan untuk pembebanan gaji
f. Default tax / deducation payable account = perkiraan untuk pajak penghasilan.
3)   Sama pada langkah-langkah sebelumnya. Ganti akun-akun tersebut seperti:
• Bank account for cash payments kas
• Bank account for cheque payments bank delta.
4)   Klik OK.

c.   Daftar relasi dan produk.
Daftar relasi atau card file merupakan kumpulan data yang berisi seperti data-data customer ( pelanggan ), supplier ( pemasok ), employee ( karyawan ) dan personal (individu ).
·         Membuat daftar customer
1) Klik modul card file, cards list.
2) Pilih tab customer, klik new untuk membuat data customer baru.
3) Di dalam jendela card infortion tab profile, isi data customer.
4) Klik tab selling detains untuk mengisi detail penjualan.
5) Ulangi langkah 2 s/d 4 untuk memasukkan data customer.

·         Membuat daftar supplier
1) Klik card list, pilih tab supplier, klik new.
2) Didalam tab profile, input data supplier
3) Klik tab buying details untuk mengisi detail pembelian
4) Ulangi langkah no. 1 s/d 3 untuk mendaftarkan supplier lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar