Senin, 25 Oktober 2010

INSPIRASI KAUM WANITA MUSLIM


Kaum wanita adalah saudara kandung kaum laki-laki.
Kaum wanita dalam islam sangat dimuliakan oleh Allah swt yaitu ,sebagi Bayi dan Gadis,Istri dan Ibu,serta Saudara Perempuan dan Anak Perempuan.Selain itu karena jumlah wanita merupakan setengah dari umat,bahkan kedudukannya adalah sebagai hatinya.Maka apabila ia baik,umat pun menjadi baik,dan apbila nia rusak,maka umat pun menjadi rusak.
Jihad seringkali di identikan dengan kaum laki laki yang berjuang di medan perang untuk membela Agama Allah swt. Tapi,sebenarnya kaum wanita pun memiliki peranan dalam jihad yang rela mengorbankan segala-segalanya baik harta,jiwa,raga,maupun cintanya ,demi tegaknya kalimatullah dan Rasul yang membawa petunjuk benar. Seperti kaum wanita sahabat Rasulullah saw yang menonjolkan segi-segi teladan ,keadaan damai dan perang,serta jauh dan dekat. Mereka adalah Pejuang wanita muslim di zaman pertama.
Peri kehidupan kaum wanita-wanita sahabat tetap menjadi cahaya penerang bagi mereka yang menginginkan Allah dan Rasul-Nya serta negeri akhirat. Oleh karena itu,wanita muslim pada zaman modern ini  perlu meneladani wanita mukmin yang berpotensi dalam kancah perjuangan membela agama islam.

Berikut adalah contoh Teladan dan Panutan Jihad Kaum Wanita Muslim,diantaranya:

1. WANITA MUSLIM SEBAGAI IBU YANG IDEAL

Wanita muslim yang memiliki sifat keibuan tercermin dalam bentuk paling mulia dan berbagi sikap. Ibu adalah segala curahan berlimpah kasih sayang terhadap seluruhnya sebagi pemberian jasa dan pengorbanan. Sifat keibuannya selalu terwujud baikn dimasa damai,maupun dimedan perang dan pertempuran (Ibu Para Mujahid.
Contoh dari seorang Ibu di sekitar Rasulullah saw yang utama  ,pengasuh pengasuh yang penyayang,dan Ibu-Ibu yang menyusui dengan penuh kasih sayang adalah :
-UMMU HANI' 
-LUBABAH BINTI AL-HARIS BIN HAZAN AL-HILALIAH (IBU ABDULLAH BIN ABBAS) 
-ARWA BINTI ABDUL MUTTHALIB (BIBI RASULULLAH SAW,SAUDARA SYAFIYAH) 
-UMMU AIMAN (PENGASUH RASUL) 
-HALIMAH ASSYA'DIYAH (IBU YANG MENYUSUI PEMIMPIN MANUSIA) ,dan 
-ASY-SYAIMA' BINTI AL-HARITSAS-SA'DIYAH.

2. WANITA MUSLIM SEBAGAI ISTRI

Kaum wanita muslim sebagai seorang istri yang ideal adalah tetap kukuh didalam batin dan hati nuraninya. Dia adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.
Rasul saw telah berkata kepada Umar " maukah aku beritahu kepadamu tentang sebaik-baik harta simpanan? ia adalah wanita yang shaleh,apabila suami memandang kepadanya,maka dia merasa senang,jika suami menyuruhnya,dia menantinya,dan jika suami tidak ada,dia memelihara diri dan harta suaminya." (H.R. Abu daud).
Adapun seorang wanita yang luhur budi dan mulia di sekitar Rasul saw ,yaitu :
-KHADIJAH BINTI KHUAILID
-SAUDAH BINTI ZAM'AH 
-ZAINAB BINTI MUHAMMAD SAW
-RUKOYYAH BINTI MUHAMMAD SAW
-UMMU HAKIM
-KHAULAH BINTI MALIK BIN TSA'LABAH

3.WANITA MUSLIM SEBAGAI ANAK
Kaum wanita sebagai anak adalah putri-puri yang ideal (putri yang shaleh) dan mempunyai peranan serta pendapat didalam keluarganya masing-masing. Sebagai seorang anak,maka memiliki peranan untuk berbakti dan menagabdi kepada orang tuanya serta mendapat pendidikan yang baik .
Contoh Anak perempuan merupakan unsur positif yang rajin dan mampu ikut serta dalam memikul tanggung jawab disekitar Rasul saw adalah: 
-FATIMAH BINTI MUHAMMAD SAW
-ASMA' BINTI ABU BAKAR R.A
-DURRAH BINTI ABU LAHAB, DLL
 4. WANITA MUSLIM SEBAGAI MUJAHID
Sebenarnya kaum wanita muslim telah ikut serta dalam berbagai pertempuran selama beberapa tahapan perjuangan ,mereka berperan positif pada saat jihad tersebut dengan melakukan pengawalan dan menyiapkan bekal serta persenjataan,selain itu,dia berdiri dibelakang barisan yang bertempur untuk memebri minum orang-orang yang haus ,mengobati orang-orang yang terluka,dan merawat orang orang yang sakit,kemudian ikut bertempur ketika situasi mendesak. Maka dia pun menunaikan kewajibannya di medan perjuangan dengan cara yang paling sempurna.
Berikut adalah contoh-contoh dari mereka yang berperan sebagai mujahidin di sekitar Rasul saw:
-NASIBAH BINTI KA'AB AL-ANSHARYAH
-UMMU HABIB BINTI AL-ASH AL-QURASYIYAH
-UMMU HARAM BINTI MILHAN
-HAMNAH BINTI JAHSYIN AL-ASADIYAH
-HINDUN BINTI AMRU BIN HARAM
-SUMAYYAH,UMMU AMMAR.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar